Ingin Tahu Cara Memulai Usaha Donat Rumahan? Dapatkan Informasinya di Bawah Ini

Donat adalah makanan yang berbahan tepung terigu, bisa dibilang roti yang pematangannya dengan cara di goreng. Makanan yang memiliki banyak penggemarnya ini sangat terkenal di Indonesia. Hampir semua daerah di Indonesia terdapat warung yang menjual donat. Kue yang satu ini sangat cocok untuk teman ngopi sambil ngobrol di waktu santai. 

Cara Memulai Usaha

Donat bisa dijadikan peluang bisnis baru loh buat kamu. Menjual donat bisa dimulai dengan peralatan seadanya dan tanpa membutuhkan oven. Kamu bisa memulai usaha donat dari rumah, tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk sewa lokasi usaha. Mengenai cara memulai usaha donat rumahan bisa kamu simak tulisan ini sampai selesai ya.

Cara Memulai Usaha Donat Rumahan

1. Siapkan Peralatan

Membuat donat tidak membutuhkan oven, namun kamu juga membutuhkan peralatan lain. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat donat tidak terlalu banyak kok, bahkan kamu bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah kamu.

kamu hanya membutuhkan kuali, kompor, gas, tusuk sate, serbet, roling pen, baskom, alas untuk membentuk adonan, cetakan donat, dan peniris minyak. Demi mempermudah kamu untuk memproduksi donat pastikan peralatan di atas sudah tersedia semua. Sehingga nantinya tidak kebingungan dan tidak kewalahan.

Jika ditotal semua biaya peralatan di atas tidak sampai satu juta rupiah. Jadi kamu bisa memulai usaha dengan modal yang relatif kecil. 

2. Pilihlah Bahan yang Berkualitas

Membuat makanan yang harus diperhatikan adalah bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi. Kualitas bahan akan mempengaruhi hasil donat nantinya, bisa jadi kurang empuk, kurang lembut, dan lainnya. Maka untuk menghindari hasil adonan yang jelek pilihlah bahan yang berkualitas untuk memproduksi donat.

Bahan-bahan yang berkualitas bagus untuk membuat donat bisa kamu dapatkan dari toko kue dekat rumahmu. Atau kamu juga bisa membelinya di supermarket atau toko retail lainnya. Untuk mengetahui kualitas bahan biasanya bisa dilihat apakah produk tersebut sudah dapat izin usaha atau tidak. Minimalnya pilihlah produk bahan-bahan donat yang sudah dapat izin edar.

3. Buatlah Resep Donat yang Enak dan Empuk

Orang-orang sangat suka sekali dengan donat yang rasanya enak dan empuk. Banyak tutorial di YouTube yang bisa kamu tonton dan tiru mengenai resep donat yang enak dan empuk. Kamu tinggal tentukan mau menggunakan resep yang mana. 

Sebelum langsung menjualnya, agar terlatih dengan resep yang kamu pilih, sebaiknya lebih dulu buatlah beberapa kali untuk mencoba membuat donat enak dan empuk yang pas dilidah kamu atau orang-orang terdekatmu. Jika orang lain menilai rasanya sudah enak dan empuk artinya kamu sudah siap memulai usaha donat dari rumah.

4. Tentukan Topping Beragam

Donat rasanya kurang menarik jika hanya polosan tanpa topping, maka banyak pengusaha donat yang memberikan topping pada setiap donat yang dijualnya. Banyak topping yang bisa ditambahkan di atas donat, misalnya seres, gula halus, kacang almond, selai kacang, dll. Kamu bisa membeli toppingnya di toko kue dekat rumah kamu, harganya sangat beragam, kamu bisa pilih sesuai seleramu.

Manfaat ditambahkan topping yang beragam ini untuk menambah daya tarik donat yang kamu jual. Selain dari topping, kamu juga bisa membuat donat dengan bentuk yang unik dan baru. Biasanya donat itu bentuk bulat dan bolong di bagian tengah. Kamu bisa menjual donat dengan bentuk yang unik dan baru, agar makin menambah daya tarik jualan donat kamu. 

5. Tentukan Nama Usaha Donat yang Unik

Nama usaha sangatlah penting demi mudahnya usaha untuk dikenal orang-orang. Hal ini jangan pernah kamu sepelekan, terbukti banyak usaha yang berkembang pesat hanya karena nama usaha yang unik. Termasuk dalam memulai usaha donat rumahan. Salah satu cara memulai usaha donat rumah yang paling penting adalah menentukan nama usaha donat kamu.

Ada banyak jenis usaha donat yang sukses, nama usaha mereka bisa menjadi inspirasi untuk memberikan nama usaha donat kamu. Misalnya donat madu, usaha donat ini dinamakan donat madu karena bahannya dicampur dengan madu yang lezat. 

Atau usaha donat J’CO  yang sempat viral dihampir seluruh wilayah Indonesia. info lebih lengkap mengenai tips menentukan nama usaha bisa kamu baca artikel tips membuat ide nama bisnis makanan. 

6. Buat Logo Usaha Donat yang Unik

Saat ini setiap usaha pasti akan membutuhkan logo usaha yang unik. Tak heran jika kamu menemukan setiap pengusaha suka mengadakan pemilihan untuk menentukan logo usahanya. Usaha donat rumahan pun sangat penting sekali untuk membuat logo usaha yang unik. Manfaatnya untuk membedakan dengan usaha orang lain yang memiliki nama usaha yang sama.

Membuat logo usaha terbilang tidak mudah tapi juga tidak susah. Kadang kita membutuhkan history atau sejarah, makna dan hal lainnya dari sebuah logo, bahkan hanya perihal pemilihan warna pun sangat memberikan makna dari logonya. Tetapi jika kamu menginginkan logo usaha tanpa detail yang jelas, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi edit foto atau aplikasi pembuatan logo. 

Jika kamu menginginkan logo yang detail namun tidak mau ribet memikirkannya, kamu bisa menyewa usaha pembuatan logo. Harga jasa pembuatan logo usaha ini sangatlah beragam. Ada yang menjual dikisaran puluhan ribu, namun ada juga yang menjual dikisaran harga puluhan juta rupiah. Kamu bisa memilih jasa mereka sesuai dengan budget yang kamu miliki.

7. Tentukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Menjual donat rumahan tentu juga akan membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Selain menitipkan jualan di warung dekat rumah. Ada baiknya juga menjual sendiri baik offline maupun via online. Era digital saat ini banyak orang terhubung melalui media sosial.

Melalui media sosial mereka akhirnya dapat memesan makanan dengan mudah tanpa perlu antri dan tidak perlu pergi ke tokonya. Kebiasaan inilah yang akan menguntungkan kamu dalam berjualan donat rumahan melalui media sosial. Selain hanya mengandalkan smartphone dan kuota juga tidak perlu menunggu orang untuk membeli donat kamu. 

Melalui media sosial kamu bisa menjual donat rumahan dengan sistem anti rugi, yakni kamu bisa membuat list siapa saja yang akan pesan donat. Jadi kamu sudah memiliki daftar pasti akan terjual berapa donat setiap harinya. 

Anda juga bisa mendapatkan tambahan informasi pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:

Informasi 7 cara memulai usaha donat rumahan di atas sangat dianjurkan untuk kamu jalankan. Dijamin usaha kamu akan berkembang dengan cepat, karena kamu sudah merencanakan semuanya dengan tepat.

Related Posts

Tinggalkan komentar