13 Tips Memulai Bisnis Makanan Online Untuk Pemula

Ide bisnis tidak pernah ada habisnya, setiap hari selalu ada produk-produk baru yang dijual. Sama halnya dengan bisnis makanan yang semakin hari banyak jenis makanan yang dijual. 

tips memulai bisnis

Akan tetapi, kadang untuk pemula terkadang bingung cara memulai, produk yang bisa dijual dan bagaimana bisa tetap bersaing di era serba online ini. Di bawah ini saya bagikan tips memulai bisnis makanan online untuk pemula agar sukses meraup keuntungan ratusan juta rupiah per bulan.

Tips Memulai Bisnis Makanan Online

1. Pilihlah Produk yang Berkualitas

Dunia bisnis tidak pernah sepi dengan persaingan bisnis, kompetitor dalam berbisnis akan selalu bermunculan yang baru setiap harinya. Seiring perjalanan dalam membuka usaha, akhirnya banyak juga bisnis yang terjun, gulung tikar karena profit yang semakin menurun yang disebabkan rendahnya tingkat penjualan.

Rendahnya tingkat penjualan salah satunya disebabkan oleh jeleknya kualitas produk yang dijual. Jeleknya kualitas produk inilah yang membuat pembeli tidak berminat repeat order produk yang dijual. Sehingga terjadinya kebangkrutan dalam dunia bisnis.

Tips memulai bisnis makanan online untuk pemula yang pertama adalah memilih produk jualan yang berkualitas. Demi memuaskan pelanggan hal ini akan memberikan dampak mereka kembali berbelanja di tokomu.

2. Pilihlah Produk yang Potensial

Berbisnis tujuan utamanya adalah mendapatkan profit yang besar, sementara profit ditentukan oleh jumlah penjualan setiap harinya. Peningkatan atau penurunan penjualan setiap harinya salah satu faktornya adalah jenis produknya tidak sesuai dengan target pasar. 

Banyak orang akhirnya berhenti membeli produk karena ketidaksesuaian dengan kebutuhan dia. Misalnya kamu menjual empal asem lewat online, mungkin ini akan laku di daerah Cirebon, tetapi berbeda jika kamu berjualan di daerah yang tikak biasa dengan lauk pauk yang rasanya asem. 

Mereka hanya akan mencicipi saja, seterusnya kemungkinan penjualan akan semakin menurun karena tidak dibutuhkan oleh pembeli. 

Kunci sukses berjualan makanan online adalah menjual produk yang berpotensi terjadinya repeat order. Caranya carilah produk yang akan banyak disukai. Dengan begitu produk yang kamu jual adalah prosuk yang potensial.

3. Melakukan Survey Pasar

Demi menghindari menjual produk yang tidak potensial, yang perlu kamu lakukan adalah survey pasar, jika kamu berniat membuka usaha di daerah Jakarta maka sebelum memulai usaha pastikan bahwa kamu sudah melakukan survey terlebih dahulu.

Survey pasar akan memberikan informasi seputar persaingan bisnis dan potensi produk yang akan kamu jual. Dari hasil survey yang dilakukan juga bisa mengetahui bagaimana perkiraan harga dan daya beli produk tersebut nantinya.

4. Modal Usaha

Memulai bisnis makanan yang harus dipertimbangkan adalah modal usaha. Memilih bisnis yang sesuai dengan modal usaha yang kamu miliki adalah tips bisnis makanan untuk pemula ke empat yang harus dipertimbangkan sebelum membuka usaha.  

Memulai bisnis makanan bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil, jangan sampai kamu membuka bisnis yang membutuhkan modal lebih dari modal usaha yang sudah kamu miliki, ini akan berakibat buruk pada bisnis kamu, menimbulkan bisnis kamu memiliki banyak hutang, sehingga bukanya fokus meningkatkan profit yang terjadi malah hanya untuk membayar hutang perusahaan.

5. Tentukan lah Menu Andalan

Ketika order makanan biasanya orang-orang untuk mengetahui kualitas dari produk-produk yang dijual, mereka akan mengujinya dengan menu andalan yang sering di order oleh pembeli lainnya. Menu andalan juga sebagai strategi marketing bisnis makanan, jika menu andalannya enak, pembeli biasanya akan order makanan lainnya.

6. Carilah Pemasok yang Berkualitas

Sebelum kamu melakukan pengolahan dan penjualan produk, terlebih dahulu harus mempertimbangkan kualitas bahan baku atau produk dari pemasok, agar bisnis terus stabil bahkan terus meningkat pilihlah pemasok yang produknya berkualitas bagus dan baik. Sehingga produk yang kamu jual pun berkualitas.

7. Tentukan Lokasi Usaha

Berjualan online memang bisa dikerjakan hanya mengandalkan aplikasi jual makanan online. Tetapi sebelum membuka toko makanan online, yang harus kamu pertimbangkan adalah pemilihan lokasi usaha makanan untuk pengolahan atau tempat menyimpan stok barang, pilihlah lokasi usaha yang strategis. 

Meskipun promosi bisnis makanan bisa dilakukan melalui online, akan tetapi kamu bisa menarik pelanggan lebih banyak lagi dengan memilih lokasi usaha yang strategis dan mudah dijangkau oleh pembeli.

8. Tentukan Nama Usaha yang Unik

Memulai usaha haruslah menentukan nama usaha yang unik, agar semakin banyak yang kenal dengan nama usaha yang kamu jalankan. Untuk mendapatkan nama yang unik ada beberapa tips buat kamu. Tips menemukan nama usaha makanan yang unik bisa kamu dapatkan dari artikel ide nama bisnis makanan.

Kamu bisa menggunakan tips dari artikel tersebut untuk menemukan nama bisnis makanan yang unik dan menarik. 

9. Pilihlah SDM yang Kompeten

Tips memulai bisnis makanan online untuk pemula selanjutnya adalah memilih SDM atau Sumber Daya Manusia yang kompeten. Memilih karyawan yang kompeten memang sulit. Kamu bisa membuat poster iklan lowongan kerja dengan mencantumkan spesifikasi yang dibutuhkan dengan lengkap. 

Dunia bisnis makanan mengenai karyawan yang dibutuhkannya minimal orang yang bisa dan terbiasa masak dan hasil masakannya enak dan lezat, kamu bisa menambahkan spesifikasi minimal pengalaman jadi juru masak. 

10. Tentukan Target Pemasaran

Setelah kamu menemukan ide makanan yang akan kamu jual, kamu harus menentukan target pemasaran, data target pemasaran ini akan membantu kamu dalam melakukan promosi di media online

Misalnya kamu menjual makanan korea seperti ramen, maka target pemasaran kamu yang pertama adalah orang-orang yang suka dengan drama dan lagu Korea. 

Target pemasaran ini bisa saja hanya satu komponen, tapi kamu juga bisa menambah komponen lain. Selain orang-orang yang suka dengan drama dan lagu Korea, ramen bisa juga menyasar ke orang yang suka dengan makanan mie. Semakin banyak target pemasaran maka akan semakin berpotensi laris manis produk yang kamu jual.

11. Tentukan Strategi Pemasaran

Setelah kamu menentukan target pemasaran kamu juga harus menentukan strategi pemasaran. Startegi pemasaran  saat ini bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, instagram, Tiktok. Kamu bisa mencari informasi seputar strategi pemasaran di google. Ada banyak artikel membahas seputar strategi pemasaran di era digital ini.

12. Buatlah Ciri Khas Usaha yang Dijalankan 

Ciri khas dalam dunia bisnis sangat penting sekali. Hal ini bertujuan untuk membedakan usaha milik sendiri dengan usaha orang lain yang jenis usahanya sama. Menemukan ciri khas bisa dihasilkan dengan dekorasi unik di tempat usaha yang kamu jalankan. 

13. Atur Keuangan Perusahaan 

Banyak orang yang ketika memulai bisnis tidak memperhatikan keuangan perusahaan, mereka tidak mencatat pengeluaran dan pemasukan dari kegiatan perusahaan. Padahal ini bagian yang sangat penting sekali. Dengan mencatat semua kegiatan transaksi kamu jadi bisa mengukur tingkat pendapatan setiap tahunnya.

Dapatkan juga tambahan informasi lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:

Di atas adalah informasi mengenai tips memulai bisnis makanan online untuk pemula. Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu, dan semoga usaha kamu terus berkembang.

Related Posts

Tinggalkan komentar