11 Rekomendasi Usaha Kecil-kecilan, Bisa dijadikan Pilihan

Memiliki usaha saat ini bisa dimulai dengan modal kecil dan tidak ribet. Ada banyak ide usaha rumahan yang bisa dijalankan. 

Dengan adanya media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk tempat promosi, membuat usaha bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja, tanpa harus membuka warung atau toko.

Buat kamu yang sedang mencari ide usaha kecil-kecilan, dengan modal yang relatif kecil. Berikut ada 11 rekomendasi usah kecil-kecilan yang bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja.

Rekomendasi Usah Kecil-Kecilan

1. Usaha Camilan Basreng

Masyarakat saat ini banyak sekali yang doyan nyemil, maka tak heran jika saat ini banyak usaha camilan yang beragam. Dari usaha cemilan banyak yang merasakan bahwa usaha ini bisa menghasilkan omzet jutaan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

 

Salah satu usaha camilan yang bisa menghasilkan jutaan rupiah adalah basreng, alias bakso goreng. Basreng alias bakso goeng adalah baso yang digoreng kemudian ditambah bumbu seperti balado, jagung bakar dan lainnya.

 

Usaha ini hanya bermodalkan kompor gas, tabung gas, peralatan masak seperti kuali dan lainnya. Peralatan dapur bisa kamu gunakan dengan peralatan dapur yang ada di rumahmu. Sehingga kamu, hanya perlu membeli bahan-bahan untuk menggoreng bakso dan wadahnya.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memulai usaha basrengpun sangat minim sekali. Memulai usaha cemilan basreng hanya bermodalkan, bakso, bumbu bubuk seperti balado dan lainnya, minyak goreng, dan sebagai tambahannya bisa dengan otak-otak atau sosis.

 

Modal kecil dan tidak membutuhkan banyak tempat, usaha ini salah satu 11 rekomendasi usaha kecil-kecilan yang sangat menguntungkan.

 

2. Jualan Pulsa

Rekomendasi usaha kecil-kecilan yang kedua yakni jualan pulsa. Jualan pulsa bisa dimulai dengan modal yang sangat minim sekali, dan tidak membutuhkan banyak tempat. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha jualan pulsa mulai dari 100.000 rupiah sajja.

 

Saat ini masyarakat tidak bisa dipisahkan dengan kebutuhan akan komunikasi via telepon baik sms, pangilan biasa maupun melalui internet.  Semua kebutuhan tersebut pasti akan membutuhkan pulsa dan kuota data.

 

Selain jualan pulsa, kamu bisa memberikan pelayanan lain dengan menjual kuota data, pembayaran listrik, pembayaran BPJS, dan lainnya. Total modal untuk memulai usaha jualan pulsa tidak sampai lebih dari 5 juta rupiah. Selain itu jualan pulsa bisa dilakukan dari mana saja.

 

3. Jual Gorengan

Masyarakat Indonesia banyak sekali yang setiap harinya mengonsumsi gorengan, dari anak kecil, remaja, dewasa hingga orang tua.

 

Ide usaha kecil-kecilan gorengan bisa dimulai dengan modal relatif kecil. Rata-rata usaha ini hanya membutuhkan modal Rp 3 juta saja. Modal itu untuk bahan-bahan, kompor gas, tabung gas dan selang gas. Dengan modal yang relati kecil, bisa kamu mulai di depan rumah saja, tanpa perlu menyewa tempat.

 

Selain bisa berjualan di depan rumah, kamu bisa berjulan gorengan di tempat-tempat ramai, dengan menggunakan gerobak. Harga gerobaka saat ini ada yang dijual dengan 1 jutaan hingga 5 jutaan.

 

Contoh jualan gorengan diantaranya pisang goreng, tahu goreng, ketan goreng, bakwan goreng, ubi goreng dan lainnya.

 

4. Pesanan Kue

Usaha kecil-kecilan yang lain diantaranya ada menerima pesanan kue. Untuk memulai usaha ini hanya bermodalkan peralatan kue dan bahan-bahan, yang hanya mengeluarkan modal tidak sampai 5jutaan.

 

5. Bisnis Souvenir

Saat ini acara pernikahan pati akan memberikan souvenir kepada tamu undangannya. Bahkan tidak hnya acafra ernikaahaan melainkaan acara hajatan seperti khitanan, perayaan ulang tahun perusahaan, atau acara-acara seperti kajian, seminar juga terkadang akan memberikan souvenir kepada tamu undangannya, seperti bros dan lainnya.

 

6. Jualan Salad Buah

Belakangan ini masyarakat Indonesia selalu dihadirkan dengan berbagai menu makanan yang bisa dijual dengan harga murah. Salah satu makanana yang sedang viral dijual dengan harga murah saat ini yakni ide usaha salad buah.

 

Semenjak mulai terkenalnya salad buah dikalangan masyarakat hingga saat ini, ide usaha ini salah satu usaha yang bisa menghasilkan keuntungan besar.

 

Estimasi modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha salad buah pun relatif kecil, dengan moda 1.500.000 rupiah saja, kamu sudah bisa memulai usaha salad buah.

 

Cara membuat salad buah yang enak bisa kamu dapatkan melalui tutorial membuat salad buah di YouTube ataupun di Google. Ada banyak channel YouTube dan artikel yang memberikan infomasi mengenai cara membuat salad buah yang enak dan disukai banyak orang.

 

7. Jus Buah

Salah satu usaha yang membutuhkan modal relatif kecil salah satunya usaha jualan jus buah. Ide usaha ini hanya membutuhkan modal tidak sampai 5 juta rupiah. Kamu bisa memulai usaha hanya di depan rumah saja.

 

Peralatan untuk membuat jus buahpun hanya blender, pisau dan termos es. Jika di rumah kamu punya kulkas atau freezer, kamu tidak perlu membeli termos es, sehingga bisa mengurangi pengeluaran untuk modal usaha.

 

8. Minuman Segar Kekinian

Siapa sih yang tidak menyukai minuman segar yang enak dan murah? Semua orang pasti menyukainya. Nah, menjual minuman segar kekinian menjadi salah satu rekomendasi usaha kecil-kecilan yang layak kamu coba.

 

Hanya menyewa tempat kecil, di lingkungan yang tidak jauh dengan tempat ramai seperti kampus, sekolah perkantoran.

 

Kamu sudah bisa memulai usaha minuman segar kekinian dengan modal 3juta hingga 5juta rupiah. Modal ini cukup untuk menyewa tempat, membeli peralatan. Ada banyak yang menjual franchise untuk usaha minuman segar kekinian. Dengan membeli franchise sekitar 3jutaan kamu bisa mendapatkan peralatan dan bahan-bahan untuk membuatnya.

 

9. Menjadi Reseller atau Marketer Julan Online

Perkembangan di dunia usaha saat ini salah satunya semuanya serba online, promosi hingga transaksi jual belipun dengan online, dengan menjadi reseller suatu produk, modal yang kamu butuhkan hanya handphone dan membeli beberapa produknya dengan syarat tertentu.

 

Berbeda dengan menjadi reseller, untuk menjadi marketer, modal yang kamu butuhkan hanya handphone yang terdapat beberapa aplikasi toko online dan media sosial, dan tentunya kuota, agar bisa mengakses semua aplikasi tersebut.

 

10. Menjual Sarapan

Masyarakat Indonesia kebanyakannya sebelum memulai kegitan harian, mereka akan sarapan terlebih dahulu. Ada sebagian yang memilih untuk masak, ada sebagian juga yang memilih untuk membeli dari warung.

 

Warung menjual sarapan bisa dijadikan ide usaha kecil-kecilan dengan modal yang relatif kecil. Dengan melihat target pasar yang luas, ide usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

 

11. Usaha Membuat Parcel

Dalam acara pernikaahan adat di Indonesia biasanya pengantin pria akan membawakan berbagai kebutuhan, yang dibungkus dengan rapi dan cantik. Ini bisa dijadikan ide usaha dengan modal yang realatif kecil, bahkan tanpa modal.

 

Kamu bisa meminta pelanggan untuk membayar sebagian dulu, untuk membeli bahan-bahan untuk membuat parcel.

 

Selain membuat parcel untuk pernikahan, kamu bisa membuka pesanan untuk membuat parcel lebaran. Walaupun usaha ini mungkin akan untung besar hanya saat menjelang lebaran saja.

Dapatkan tambahan informasi pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:

 

Di atas merupakan 11 rekomendasi ide usaha kecil-kecilan yang bisa dimulai hanya di rumah saja, dan bisa dijalankan dimana saja. Dengan modal yang relatif kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

 

Segala usaha pasti bisa menghasilkan keuntungan yang besar asal dikelola dan dijalnkan dengan baik dan teratur, selain terus memperbaiki produk yang dijual, seorang pengusaha juga harus terus menambah pengetahuan bagaimana cara menjalankan usaha agar bisa bertahan selama bertahun-tahun.

 

Semua usaha kuncinya adalah terus mengupgarede ilmu pengetahuan dan terus memperbaiki segala kegiatan usaha.

Related Posts





source